Aspal Jalan Proyek DD Dinilai Tipis

Kualitas hasil kegiatan fisik dalam bentuk pembangunan jalan latasir di Pekon Yogyakarta Selatan, Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, diragukan dan diduga tidak sesuai dengan spesifikasi teknis.

Pasalnya, pembangunan jalan latasir yang menggunakan dana desa tahun anggaran 2018 ini, baru sekitar pertengahan Desember 2018 dibuat dan selesai dikerjakan, tapi kini sudah ditumbuhi rumput di atasnya.

Pembangunan jalan latasir yang terletak di RT 01 RW 01 Pekon Yogyakart, jalan tersebut belum lama selesai dikerjakan.

Bahkan, menurut warga yang juga tinggal di RT 01 RW 01 Pekon Yogyakarta Selatan dan rumahnya dilintasi jalan tersebut. Ia justru pernah melihat ada beberapa dari anak kecil yang berusaha mencongkel aspal badan jalan tersebut dan bisa terkelupas aspalnya.

Hasil penelusuran di lapangan, ditemukan adanya ketidaksesuaian dalam ketebalan aspal yang ada. Dimana, lapisan aspal yang menempel pada badan jalan sangat tipis, sehingga akan dengan mudah dapat dicongkel terkelupas dan rontok.

Selain itu, lapisan pasir yang menutupi badan jalan, juga akan dengan mudah rontok dan berserakan saat badan jalan dilintasi kendaraan seperti truk bermuatan. (*)