Arbitrase Mampu Tuntaskan Sengketa Bisnis

Arbitrase Mampu Tuntaskan Sengketa Bisnis

Sapta consultant management, legal dan training menggelar kegiatan diskusi arbitration meets up, bertajuk arbitrase sebagai ranah penyelesaian perselisihan bagi pelaku bisnis yang beriktikad baik dan bertanggung jawab.
Diskusi yang berlangsung di kantor sapta consultant management, legal dan training menghadirkan pembicara yakni ir. H. Agus g. Kartasasmita, prof. Dr. Joni emirzon, h. Bambang hariyanto serta dr. V. Saptarini.

Adapun tujuan dari gelaran acara tersebut, adalah sebagai wadah para pelaku usaha untuk menyatukan sekaligus sosialisasi tentang arbitrase, karena, sekarang sudah menjadi aturan undang-undang termasuk kontruksi.

Arbiter badan arbitrase nasional indonesia (BANI) dr. V. Saptarini menjelaskan, dengan diskusi ini kami ingin perusahaan-perusahaan punya etikat baik dan taat hukum, Arbitrase dianggap lebih baik dalam menyelesaikan suatu sengketa atau perselisihan antar pelaku bisnis karena lebih efisiensi waktu dan biaya, dibandingkan melalui jalur peradilan umum.

Sementara, prof. Dr. Joni emirzon mengatakan, arbitrase sendiri ialah salah satu alternatif cara penyelesaian suatu sengketa perdata di luar peradilan umum yang didasarkan pada perjanjian arbitase yang dibuat secara tertulis oleh para pihak yang bersengketa. Dirinya menjelaskan, dalam pola arbitrase ada win solution dalam memecahkan sebuah perselisihan bisnis sehingga lebih efesien, jadi ada rasa kebersamaan dalam penyelesaian sengketa saling menguntungkan.

Rencananya, BANI akan terus mensosialisasikan arbitrase kepada perusahaan dan pelaku usaha serta kelembagaan pemerintah yang bekerjasama dengan pengusaha. (*)