Adika Harumkan SDN Purworejo

Muhammad Adika AP, murid kelas 6 SDN Purworejo, meraih Juara 1 lomba Adzan dan Iqomah pada ajang Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami ke-21 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini.

Muhammad Adika AP, putra pasangan Alm Dwi Purwnomo Hadi dan Rista Listi Ningrum menorehkan sejarah bagi dunia pendidikan Purworejo.

Betapa tidak. Putra asal Mudal, Kabupaten Purworejo ini, selain berprestasi juga mempersembahkan kado terindah bagi para gurunya karena bertepatan dengan peringatan Hari Guru yang jatuh pada 25 November kemarin.

Ajang Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami adalah perlombaan bergengsi tingkat provinsi se-Jawa Tengah yang diikuti dari berbagai daerah.

Dengan cabang lomba yang diperebutkan di antaranya tahfiz Al Quran, PAI BTQ, salat, hingga Adzan.
Kemenangan yang diraih Muhammad Adika tidak lepas dari campur tangan dari keluarga beserta guru pendamping sekolahannya. Hal itu disampaikan oleh kepala SD N Purworejo Misyono Spd, Senin pagi tadi.

Di sisi lain, guru agama Hajah Siti Soimah menyampaikan bahwa, pada waktu pertama kali memberikan pelajaran terhadap Muhammad Adika adalah materi tajwid.

Hal itu merupakan materi tersulit. Hanya anak-anak berbakat yang mampu menyerapnya. Dan, Muhammad Adika mampu melakukannya dengan mudah.

Bahkan sejak kelas 4 SD dia rutin mengumandangkan Adzan di Musholan Annur Mustakim Kayu Lawang Mudal dan juga menjadi Bilal di Masjid Babu Rohma saat Salat Jumat. (*)