8 TPS Tambahan Dibatalkan

Rencana Komisi Pemilihan Umum Lampung, untuk mendirikan 8 tempat pemungutan suara tambahan berdasarkan data tambahan daftar pemilih tetap pindahan atau DPTB pemilu 2019 mendatang, dikoreksi oleh KPU RI, atau tidak terealisasi dan batal.

Pembatalan ini disebabkan bertambahnya jumlah DPTB dan persiapan surat suara, sesuai peraturan penambahan surat suara yang hanya untuk DPT plus 2 persen per TPS bukan diperuntukan untuk DPTB.

Rencana pendirian penambahan TPS oleh KPU Lampung pada pemilu 2019, sedianya akan didirikan sebanyak 6 TPS di ITERA, Jati Agung, Lampung Selatan, 1 di salah satu pondok pesantren di Kota Metro dan 1 TPS di Kabupaten Pesisir Barat.

Terkait pendirian TPS tambahan, KPU Lampung telah mengupayakan penambahan surat suara.
Namun usulan tersebut dikoreksi KPU RI untuk tidak membuat TPS tambahan, terkecuali di lembaga pemasayarakatan, itupun pada proses pencoblosan pihak petugas KPPS yang mendatangi LP.

Dengan dibatalkannya pendirian TPS tambahan berbasis DPTB, ke depan pihak penyelenggara pemilu akan merevisi ke 8 TPS yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Nantinya pemilih yang terdata akan disebar ke TPS sekitar atau terdekat, berdasarkan rapat pleno KPU tentang rekapitulasi data pemilih tambahan pemilu 2019 pada 19 februari lalu, diketahui jumlah data pemilih pemilu 2019 Lampung berjumlah 6 juta 073 ribu 199 pemilih.

Sementara jelang pelaksanaan pemilu 17 april 2019, KPU Lampung telah menggelar Bimtek terkait kebijakan umum pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara serta penerapan hasil pemilu bersama tim teknis KPU RI di salah satu Hotel di bandarlampung. (*)