70 Petani Pringsewu Meriahkan Lomba Traktor

Sebanyak 70 petani di Kabupaten Pringsewu mengikuti lomba balap traktor di pematang sawah, Pekon Bulukarto, Rabu kemarin. Mereka memperebutkan piala bergilir Bupati Pringsewu.

Bahkan Bupati Pringsewu Sujadi Saddat menjadi peserta pertama lomba balap traktor, Bupati Pringsewu dengan 4 peserta lainnya yang disaksikan masyarakat Pringsewu dan sekitarnya yang datang berbondong-bondong memadati pematang sawah di Pekon Bulukarto.

Lomba traktor yang digelar di Pekon Bulukarto Kecamatan Gadingrejo bukan hanya sekedar balapan melainkan untuk mengasah keahlian dan keterampilan dalam mengelola tanah sebelum masa tanam padi.

Lomba dalam bentuk keterampilan ini adalah mengolah tanah dengan mempergunakan traktor tangan. Lomba traktor juga kali kedua digelar di Kabupaten Pringsewu.

Menurut Bupati, perlombaan balap traktor yang sudah menjadi event tahunan ini bertujuan untuk lebih menggairahkan lagi sektor pertanian, khususnya petani padi sawah di Kabupaten Pringsewu.

Menurutnya lomba traktor tesebut sangat menarik simpatik petani untuk trus mempertahankan miliknya, persoalan lain adanya pengikisan sektor pertanian padi terkait luasnya pesawahan yang semakin maraknya alih fungsi lahan di kabupaten setempat.

Selain itu juga Bupati Pringsewu Sujadi Saddat mengapresiasi digelarnya lomba balap traktor.

Selain inovatif, lomba diharapkan bisa bersinergi dengan visi Pringsewu berdaya saing, harmonis, dan sejahtera atau Pringsewu bersahaja.
Dimana melalui lomba traktor ini memiliki daya saing, sehinga peserta lomba tentunya memiliki keunggulan dalam teknik bercocok tanam.
Harmonis, dimana melalui event ini akan terjalin hubungan kerjasama antara petani atau antar kelompok tani yang ada di bumi secancana.

Kemudian sejahtera, petani bisa mengolah tanahnya sendiri dengan baik, karena melalui lomba ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan petani melalui pemanfaatan sarana dan prasarana pertanian secara lebih optimal.

Selain lomba balap traktor, panitia juga mengadakan rangkaian pawai parade traktor besar. Parade traktor tersebut start di simpang tugu gajah jalan arah Pemda Pringsewu hingga menuju Pekon Klaten masuk keperkantoran Pemda Pringsewu dan finish kembali ke Tugu Gajah Pekon Bulukarto. (*)