4 Titik Rel Palembang-Lampung Rawan Longsor

Jajaran manajemen Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia persero, bersama PT KAI Divre 4 Tanjungkarang dan Divre 3 Palembang, melakukan pemeriksaan jalur lintasan kereta api, dari Stasiun Prabumulih, Sumatera Selatan, Hingga Stasiun Blambangan Umpu, Way Kanan, Lampung.

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan sedikitnya 4 titik rawan longsor, dan pihak PT KAI Divre 4 Tanjung Karang langsung melakukan perbaikan.

4 lokasi rawan ini, berada di sepanjang lintasan kilo meter 164,168,170 dan 216. Untuk mengantisipasi itu, PT KAI Divre 4 Tanjung Karang melakukan langkah mengurangi kecuraman tebing atau bukit yang rentan longsor dan memperbaiki parid supaya air tidak menggenang lintasan rel terlebih pada musim hujan. Temuan lainnya, dalam pemeriksaan jalur lintasan kereta, banyak potensi ancaman keselamatan kereta api atau hazard di beberapa titik sepanjang jalur lintasan stasiun Blambangan Umpu hingga Prabumulih.

Selain rawan longsor, hasil pemeriksaan masih banyaknya ditemukan penjepit rel atau pandrol yang hilang dan bantalan rel yang sudah lapuk.

Pihak PT KAI akan melakukan pergantian pada material landasan, agar pada saat musim angkutan lebaran mendatang jalur lintasan sudah bisa dioperasikan maksimal.

Sementara, menghadapi musim mudik lebaran tahun ini, pihak PT KAI Divre 4 Tanjung Karang, akan melakukan upaya optimal isasi dalam segi pelayanan, sebagai salah satu moda transportasi yang cukup diminati dan menjadi pilihan masyarakat, terutama saat arus mudik dan balik lebaran. Pihak PT KAI berjanji proses perbaikan sarana dan prasarana pada musim lebaran berjalan sesuai target. (*)