2 Pemalsu Cukai Rokok Disidang

Dua pria disidangkan di ruang R Surjono Pengadilan Negeri Kelas 1a Tanjungkarang, Bandar Lampung, pada Kamis sore kemarin. Mereka didakwa menjual 4 ribu bungkus rokok dengan cukai palsu.

2 pria paruh baya, Sudaryanto dan Ruziniat, sebelumnya ditangkap petugas KPPBC TMPB Bandar Lampung pada september lalu, saat transaksi rokok bercukai palsu, di daerah pasar Wates, Kabupaten Lampung Tengah.

Keduanya menjalani sidang di ruang R Surjono Pengadilan Negeri Kelas 1 A Tanjung Karang Bandar Lampung, yang dipimpinHakim Ketua Pastra Yosep, beragendakan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Rendy.

Kedua pria asal Metro ini merugikan negara dengan cukai palsu yang mereka lekatkan di bungkus rokok, dan dengan hasil perhitungan cukai yang harusnya dibayarkan adalah 2 puluh 9 juta 7 ribu 8 puluh 5 ribu rupiah.

Keduanya didakwa menjual rokok merk bossini exculive isi 20 batang, tanpa pelunasan cukai dengan ancaman hukuman paling lama 8 tahun kurungan penjara, denda 10 kali lipat dari harga cukai yang tertera dalam kemasan. (*)